Selasa, 13 Agustus 2019

KEGIATAN QURBAN TANPA IBU-IBU AKAN TERKESAN HAMBAR

Foto: Ibu-ibu RT04 Menyiapkan Konsumsi Untuk Pantia Qurban
Komplek-cipto.blogspot.com (13/8) - Menurut ajaran Islam, tidak ada larangan bagi perempuan untuk berperan aktif dalam masyarakat. Perempuan berhak untuk mengekspresikan dan mengembangkan potensi dan kemampuan yang ada dalam dirinya. Adapun peran langsung yang dapat dilakukan oleh perempuan adalah peran sebagai seorang anak, istri, ibu, dan peran sebagai anggota masyarakat. Dalam posisi sebagai anggota masyarakat, perempuan dan laki-laki memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam membangun lingkungan.

Seperti yang ditunjukkan ibu-ibu warga RT04 pada kegiatan Qurban 1440 H, hari Minggu (11 Agustus 2019) lalu. Suksesnya pelaksanaan kegiatan Idul Adha dan Qurban tahun ini tak bisa dilepas dari peran ibu-ibu.

Bila sekedar mendapatkan makanan untuk berbuka selepas sholat idul adha dan konsumsi bagi panitia, di jaman sekarang mungkin tidak terlalu susah karena banyak warung padang, warung tegal atau masakan sunda. Bahkan panitia bisa order makanan melalui “Go Food” atau “Grab Food”. Tapi pasti kesannya berbeda.

Kehadiran ibu-ibu dalam kegiatan di lingkungan akan menambah kehangatan suasana dan semangat bagi bapak-bapak. Suasana terlihat lebih guyub, kompak dalam semangat kebersamaan.

Pada perayaan Idul Adha dan Qurban 1440H tahun ini, ibu-ibu RT04 mendapat tugas menyiapkan konsumsi bagi panitia qurban, mulai dari berbuka, makan siang dan sore, hingga menyiapkan kopi, teh, serta camilan bagi bapak-bapak yang sibuk mengerjakan pemotongan hewan qurban hingga mengemas daging untuk didistribusikan.

Adalah Yusnita, Hj. Oneng, Dwi Rahayu, Etty Sugiarti yang mengkoordinir ibu-ibu lainnya menyiapkan menu makanan untuk bapak-bapak panitia. Mereka terlihat sudah sibuk sejak 2 hari sebelum pelaksanaan kegiatan.

Ibu-ibu warga RT04 bahu-membahu, bergotong royong memasak bersama di gedung warga RT04 yang dijadikan dapur umum sementara.

Saat dimintai komentarnya oleh kontributor komplek-cipto.blogspot.com, tentang peran ibu-ibu di lingkungannya, Ipnuri Fatah mengatakan, "Jangan sekali-kali meninggalkan mmak-mmak dalam kegiatan apapun, karena pasti kegiatan itu tidak akan meriah dan akan terkesan hambar".(Noer69)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar