Sabtu, 27 Juli 2019

FIRST FAMILY GATHERING 2019 RT01 HANGAT DAN BERKESAN

Foto Kegiatan First Family Gathering 2019 RT.01 di Kebun Raya Bogor (27 Juli 2019)
komplek-cipto.blogspot.com - (27/7) Seperti apa jadinya jika bapak-bapak dan ibu-ibu melebur menjadi satu di alam terbuka? Pasti akan ramai, penuh canda tawa, tidak ada yang membatasi ruang gerak mereka.  Begitulah suasana kegiatan berjuluk First Family Gathering 2019 RT01 RW09 Perumahan Pegawai RSCM tadi pagi di Kebun Raya Bogor yang diikuti oleh sekitar 60 orang.

Setiap harinya bapak-bapak dan ibu-ibu ini memiliki kesibukan tersendiri. Ibu-ibu sudah pasti repot dengan urusan rumah tangga dan juga sebagian sibuk dengan pekerjaan sebagai wanita karir, sementara bapak disibukkan dengan pekerjaan mencari nafkah. Untuk berkumpul di lingkungan RT/RW sendiri saja sangat sulit rasanya. Adapun kegiatan ibu-ibu berkumpul biasanya sudah terjadwal dan hanya melibatkan warga yang aktif saja. Sedang bapak-bapak bertemu hanya saat sholat berjama’ah di masjid, itupun bagi yang muslim. Di dalam hubungan dengan lingkungan tempat tinggal, warga hanya dapat berkumpul saat ada acara-acara tertentu, seperti memperingati HUT RI dan ketika ada keluarga yang menggelar acara hajatan.

Acara Family Gathering semacam ini baru pertama kalinya diadakan di lingkungan RT01 dan sangat sederhana. Peserta berangkat ke Kebun Raya dengan menyewa 4 buah angkot, ada juga yang menggunakan mobil pribadi. Selain untuk menjalin kebersamaan, juga sekaligus untuk acara lepas-pisah ketua RT lama, Udin Syarifudin dan ketua RT baru, Agoest Sukmadirasa. Acara itu sendiri diprakarsai oleh ibu-ibu anggota arisan PKK RT01 yang dimotori oleh Marganingsih, Mujiati, Tenty Sriwahyuni, Tati Sridati, Yuyun Heliah, dan ibu-ibu lainnya. Rangkaian acara dipandu oleh Juna selaku pembawa acara

Sambutan pertama disampaikan oleh Udin Syarifudin, sebagai ketua RT lama periode 2014-2019. Udin sendiri sudah 16 tahun menjabat sejak tahun 2003. Dalam sambutannya Udin menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan warga selama ia menjabat dan permohonan maaf apabila selama ia menjabat ada kekurangan dalam pelayanan. Prestasi besar Udin saat ia menjabat adalah betonosasi jalan lingkungan RT01 sepanjang 371m pada bulan april 2018. Prestasi lainnya adalah terjaganya kerukunan warga.

Sambutan kedua disampaikan oleh Agoest Sukmadirasa, selaku ketua RT01 yang baru terpilih pada tanggal 30 Juni 2019 untuk periode 2019-2024. Agoest menyampaikan terima kasih-nya kepada warga yang telah memberi kepercayaan. Selain akan melanjutkan program ketua RT01 sebelumnya yang dinilai baik, ia juga akan berusaha sekuat kemampuannya untuk memajukan RT01 di segala bidang, baik bidang pembangunan dan pemeliharaan lingkungan, ia juga akan berusaha meningkatkan kerukunan dan kekompakan warga RT01. “Mulai hari ini dan seterusnya kita harus kompak”, tegasnya.

Ketua RW.09, Ipnuri Fatah yang juga merupakan warga RT01 juga turut hadir dalam acara First Family Gathering itu. Dalam kata sambutannya Ipnuri menyampaikan bahwa RT01 pernah mengalami kejayaan di masa lalu. Tokoh yang juga turut memperjuangkan pembangunan Perumahan Pegawai RSCM-pun antara tahun 1996-1997 juga banyak dari RT01. Sebut saja Hamdani Maruapey, Agoest Sukmadirasa dan (Alm) Syafarudin. “Kedepan kita harus jaga kebersamaan ini” imbuhnya.

Ipnuri juga menyampaikan “Kita harus selalu ingat dan menghargai orang-orang yang telah berjasa terhadap lingkungan kita, menjaga nilai-nilai kehidupan bertetangga yang telah mereka letakkan sebagai pondasi kita membangun lingkungan. Kita juga tidak akan pernah melupakan kebaikan orang-orang yang pernah turut memajukan lingkungan, meskipun sebagian mereka telah meninggal dunia, diantaranya Sukendar, Rajiman Baso, Firdaus Dailami, Abdul Basir, Ridwan Saleh, Nena Sukarna, A. Subi Hartono, Hermansyah. Semoga mereka semua diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa dengan segala kebaikannya.”

Sebagai tokoh masyarakat, Hamdani Maruapey juga menyampaikan kilas balik tentang lingkungan RT01 dan bagaimana ia bersama Agoes Sukmarasa dan (Alm) Syafarudin ikut memperjuangkan pembangunan Perumahan Pegawai RSCM sampai sejarah perjuangan membangun mushola dan masjid Asy-Syifa yang saat ini terlihat megah. “Dalam membangun lingkungan yang penting jangan meninggalkan atau tidak melibatkan ibu-ibu. Karena ibu-ibu merupakan penopang utama dalam berkegiatan di lingkungan”, imbuhnya.

Dalam Acara First Family Gathering 2019 itu Agoest Sukmadirasa berkesempatan memperkenalkan personel pengurus RT01, diantaranya Teddy Mulyawan (Skretaris), Tenty Sriwahyuni (Bendara) dan bebewara koordinator blok; Wahyu Tri Wibowo, Joko Harsono dan M. Ramli Filfil. Juga dilakukan serah terima jabatan ketua PKK RT01 dari Marganingsih kepada Tenty Sriwahyuni

Acara juga diselingi dengan pembagian doorprize, makan siang dan foto bersama. Tak ada sound system, tak ada acara nyanyi-nyanyi juga perlombaan. Tapi acara berlangsung meriah, penuh kekeluargaan dan begitu sangat berkesan. Semoga di waktu mendatan kegiatan seperti ini akan sering diadakan. (Noer69

Tidak ada komentar:

Posting Komentar