Kamis, 23 Agustus 2018

JUMLAH HEWAN QURBAN DI MASJID ASY-SYIFA MENINGKAT


komplek-cipto.blogspot.com (23/8) Dianjurkan bagi shohibul kurban untuk menyembelih hewan kurbannya sendiri jika mampu menyembelih dengan baik. Namun boleh diwakilkan kepada orang lain. Hal ini berdasarkan hadits Ali bin Abi Thalib radhiallahu ‘anhu di dalam Shahih Muslim yang menceritakan bahwa pada saat berkurban Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam pernah menyembelih beberapa unta kurbannya dengan tangan beliau sendiri kemudian sisanya diserahkan kepada Ali bin Abi Thalib radhiallahu ‘anhu untuk disembelih. (Ahkaamul Idain, hal. 32).

Ipnuri Fatah sebagai ketua RW.09 Perumahan Pegawai RSCM Cilebut Barat kabupaten Bogor dan berdasar pada hadist di atas ia berusaha memberi contoh bahwa sebenarnya setiap individu muslim agar memahami aturan dan tata cara penyembelihan dan agar punya keberanian melakukannya.

Pada pelaksanaan qurban idul adha 1439H di Masjid Asy-Syifa RW.09 Perumahan Pegawai RSCM Cilebut Barat, Rabu 22 Agustus 2018 kemarin, Ipnuri Fatah  terlihat sangat bersemangat bahkan ia menyembelih hewan qurban sendiri sebanyak 5 ekor sapi dari 13 ekor sapi qurban.

Agar ummat di lingkungan ini mau belajar” kata ipnuri saat diwawancarai kontributor komplek-cipto.blogspot.com.

Pelaksanaan qurban Idul Adha 1439H di masjid Asy-Syifa Perumahan Pegawai RSCM tahun ini adalah giliran RT.03 yang diketuai oleh Hadi Hamzah yang juga merupakan ketua RW.09 periode 2011-2014.

Hewan qurban yang berhasil dikupulkan oleh kepanitiaan ini berjumlah 13 ekor sapid an 21 ekor kambing adalah jumlah paling banyak sepanjang pelaksanaan qurban di masjid Asy-Syifa dari tahun 2000. “Semoga ini merupakan gambaran meningkatnya kepercayaan ummat kepada DKM Masjid Asy-Syifa” kata Yuwono Hendro, Ketua DKM Masjid Asy-Syifa.

Dari Jumlah hewan qurban itu daging yang diperoleh berjumlah 1500 kantong dibagikan kepada warga di dalam lingkungan Perumahan dan warga sekitar di luar perumahan dengan prosentase 600 kantong dibagikan untuk warga di dalam dan 900 kantong lainnya dibagikan untuk warga di luar perumahan.

Dalam sambutannya sesaat sebelum acara penyembelihan dimulai, Ipnuri Fatah menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh umma islam yang telah memberi kepercayaannya kepada kepanitiaan qurban di masjid Asy-Syifa. Juga ucapan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras mensukseskan pelaksanaan qurban tahun ini. “Semoga syiar Islam dilingkungan ini semakin besar, tidak saja gaungnya tapi juga manfa’atnya” imbuh Ipnuri. (Noer69)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar